buka hatimu

Pages

Minggu, 10 Agustus 2014

Gelar oh gelar

Hmm... hmm...
Iki wes bengi, tapi bar iki mau barusan aku moco berita jare arep nyebar beasiswa kanggo pelajar seng jare bakal disebar nengono 50 negara seng arep ditawarno nggo calon mahasiswa/pelajar seng bakal disekolahno oleh negoro nang luar negri. hmm hmm.. terus terang aku wes ora oleh bagian meskipun kesempatannya terbuka lebar.
tapi ono seng ngelitik ngelitik sirahku, la piye lek ora.., la aku biyen pingin sekolah wae susah.., nyepedah mbendino adohhe ra umum, nek giliran sepedahe rusak yo mlaku mangkat sekolah. waktu belajar karo perjalanane kok akeh waktu dalam perjalananane kui lo urung mangkat mulihe.., bedakno karo bocah-bocah saiki.., nek ora tukokno ninja ora sekolah, nek ora sangoni kandel ora sekolah.., nek ora tukokno computer ora sekolah.., bener.. nek dituruti yo okeh bocah seng pinter, dituruti pula yo akeh bocah seng keblinger.. Wes, rasah dipiker adoh..
saiki ayo tak ajak omong-omongan setitik.., nek omonganku salah aku yo jaluk ngapuro.. yo ojo gelo lo yoo..
ngenelo..,
iki bahasane tak campur-campur wae yo.., harap maklum..

denger denger bakal ada beasiswa sekolah untuk keluar negri, hmm keren kan! bakal banyak lulusan sarjana dengan gelar sss..
tapi yang ngga keren nih menurut pemikirankulo ; lulus sarjana cuma menang gelarnya sajah..
  banyak yang tak bisa menggunakan titlenya itu untuk sesuatu yang bermanfaat yang sesuai dengan kepinterannya.. #opo yo cukup mangan gelar? 

ojo nesu lo...
iki contohe ; nduwe  gelar sarjana banyak juga yang gak ada manfaatnya,  kerja yang kena kotor yang mengakibatkan noda noda di baju ora gelem, pingine macak melipisss. 

bantu bapak memandikan sapi di kali.., membantu ibu masak di dapur.., menyadat karet di ladang.., mencabut rumput di sawah.. ah, semua itu ngga level! (Ada juga loh cerita beginian.., tapi ngga semua loh. Soal ngga semua lulusan sarjana itu anak dari seorang petani.)
tapi nek dipikir meluas lagi ; memandikan #sapi dalam arti karna sapi-sapi piaraannya buanyak kan lain lagi soal dia punya pabrik susu sapi segar dan alami. Nah, kan lek malah membantu gizi anak2 indonesia yang kekurangan asi. menyerap banyak tenaga/pekeja maka berkuranglah penganguran di lingkungan kita.
Membantu ibu masak di #dapur ; piye perasaanmu nek kowe lulusan sd nduwe dapur guedine ra eram-eram. tukang masake luwih 200 uwong, kui mau kabeh tenagane soko lingkungamu, biarpun gor gorengan tempe kok yo mampu mengalahkan makanan kemasan lainnya. gek ndilalah pegawenya lulusan sarjana kabeh.
#mencabut rumput disawah ; piye perasaanmu lek sawahe ombo, nduwe pekerja okeh, lumbunge penuh, ora wedi keluwen to.., jajal pikiren.. gampang opo ora?

Tuh gelar tinggi seng  keblinger dengan kepinterannya sendiri juga okeh. pinginnya kerja enak dan hasilnya buanyakk..,
apa coba kira-kira pekerjaan yang enak hasil banyak itu? ono ora?  ngga adakan! yang enak itu cuma waktu menerima gajinya doang. selebihnya.. ya rasakan sendiri. Tapi kalau pekerjaannya itu buka celana itu katanya yang enak, makanya ngampe dibela-belain demo dan berdemo-demo, la orang katanya pekerjaannya itu enak. #kasihankan..
maaf bagi yang punya gelar, ini saya cuma nyesel saja, nyesel kenapa saya ngga dapet kesempatan punya gelar hehe.., nyesek ngga bisa nikmatin namanya wisuda itu kayak apa. Tapi lebih nyesek lagi ketika menyaksikan sarjana sarjana kita yang ngga bisa memanfaatkan gelarnya. Emang bisa mencukupitah gelarnya itu? yoyoyoyo.. lek ra ono usoho itu percumah. ngomong itu emang penak, jalanine seng susah. tapi luweh susah maneh lek ora gelem usaha, iyo po ra?
Coba intip makanan kesukaan kita orang indonesia dari penduduk kota hingga kampung kampung.., pasti semua orang kenal yang namanya TEMPE, TAHU-kan? lah makanan sederhana ini kebanyakan bahan bakunya ngimpor dari luar negri, sedangkan bila dibayangin luas wilayah indonesia yang seluas itu apa ngga bisa buat memenuhin kebutuhan pangan di negri ini? beras ngimpor, kedelai ngimpor, daging ngimpor, buah ngimpor, budaya ngimpor, kalau yang ngasih ngimpor sudah stop mau makan apa coba? apakah dengan berteriak-teriak itu cukup memenuhi kebutuhan hidup? #kelingian to.., la rek ora? jajal pikiren dewe..
aku tak turu..

bagi yang maunerbitin buku klik disini http://www.starproduction.biz/menerbitkan-buku.html
bagi yang mau nyetak buku klik disini http://www.starproduction.biz/mencetak-buku.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar