buka hatimu

Pages

Sabtu, 03 Mei 2014

Mengenal Jenis Makanan Shabu-shabu.



Kuliner
Mengenal Jenis Makanan Shabu-shabu.


Shabu-shabu adalah jenis makanan hangat yang mudah dalam pengolahan baik  penyajiannya. Berupa bahan-bahan yang masih mentah dan  kemudian dimasak dalam sebuah panci yang berisi kuah . Daging yang dipotong tipis-tipis, umbi-umbian seperti lobak, taro dan berbagai macam sayuran lain. Berbagai macam makanan olahan seperti bakso-baksoan, bisa juga jenis makanan dari laut, seperti cumi-cuni, ikan, kepiting, udang, kerang, teripang dan lain sebagainya.  Jenis bahan-bahan ini bisa disajikan dalam bentuk makanan shabu-shabu. Makanan shabu-shabu yang telah matang langsung bisa disantap  dan dihidangkan dengan saus wijen atau saus pedas asam manis.  Jenis makanan ini cocok sekali  bila disajikan kala musim dingin.  Di negara Jepang, Korea, Taiwan, dan Tiongkok jenis makanan ini paling digemari kala musim dingin. Saat musim panas pun para peminat jenis makanan ini tetap enjoy menikmatinya di ruangan ber AC.

Di negara Taiwan jenis makanan ini disebut Houko火鍋 yang berarti huo itu  api/panas panci. Dalam resto-resto tertentu menikmati makanan ini biasanya pengunjung mendapat tempat dan waktu yang  berdurasi  kurang lebih 2 jam saat makan, dan dapat menikmati makanan sepuasnya atau sampai kenyang.  Dapat pula menikmati hidangan pembuka dan penutup seperti begbagai macam softdrink, kopi panas, es krim, puding, cake, bubur kacang hijau, dan buah-buahan segar seperti jambu biji, orange, nanas, semangka dan lain sebagainya. Semua harga jenis makanan yang diambil dan dimakan sudah dalam satu paket.

Konon jenis masakan ini berasal dari negara Jepang, yang pada awalnya dari sebuah restoran Suehiro di Osaka yang mulai menghidangkan irisan tipis-tipis yang diberi nama Shabu-shabu. Pada zaman dahulu shabu-shabu dimasak di atas kompor arang yang di tengah-tengan panci itu di beri cerobong untuk memasukkan arang. Di zaman sekarang shabu-shabu dimasak di atas kompor listrik sehingga kian mudah dalam penyajiannya.
Ada berbagai macam bahan yang bisa digunakan untuk jenis masakan  shabu-shabu:

Daging:
 
-          -Daging ayam
-          -Daging sapi
-          -Daging domba

Semua jenis daging tersebut dipotong tipis-tipis agar mudah dimasak dan tidak keras ketika dimakan. Cara memasaknya tinggal dimasukkan kedalam panci kuah yang telah panas lalu dilambai-lambaikan dengan sumpit.

Sayuran:

-          Sayur kol
-          Sayur sawi putih
-          Kembang kol hijau
-          Lobak putih
-          Ubi taro
-          Jagung
-          Jamur -jamuran
-          Sawi hijau
-          Labu kuning
-          Bawang bombai
-          Tomat
-          Dan masih banyak lagi jenis sayuran yang bisa digunakan untuk dimasak shabu-shabu.

Makanan laut 
 


-          Ikan
-          Ikan cucut


-          Ikan cod
-          Cumi-cumi
-          Anak gurita
-          Kerang
-          Udang
-          Kepiting
-          Abalone/pauhi
-          Kulit ikan mola-mola
-          Teripang
-          Scallop/kerang besar
-          Dan masih banyak lagi yang lain.

Makanan olahan:

-          Tian pula
-          Bakso
-          Bakso ikan
-          Bakso cumi
-          Bakso udang
-          Tahu
-          Tahu goreng
-          Tahu beku

-          Kulit tahu
-          Piramida dumpling
-          Egg dumpling
-          Telur
-          Telur puyuh
-          Konnyaku jelly
-          Sosis
-          Bakso ikan cod
-          Bakso jamur
-          Dan lain-lain.

Kuah

-          Kuah kaldu ikan
Adalah kuah yang dibuat dari kaldu ikan.

-          Kuah mala
Adalah kuah pedas yang terbuat dari adonan cabai giling yang dicampur dengan rempah-rempah.

-          Kuah sosiso
Adalah kuah yang terbuat dari kecap asin yang dicampur dengan bir atau arak. 

-          Kuah tomat
Terbuat dari potongan buah tomat yang dicampur dengan pasta tomat siap saji.

-          Kuah phau chai
Iya itu kuah ikan yang ditambah dengan sayur phau cai yang rasanya asam, asin dan manis. Sayur phau chai ini terbuat dari sayuran sawi putih yang diasinkan,  dibumbu dengan sedikit cuka, garam, bawang putih, gula, dan cabai merah. Sayur phau chai banyak ditemukan di negara Korea, Jepang, Taiwan , China Tiongkok. Sedangkan sayuran phau chai yang terkenal lezat adalah phau chai buatan  dari korea dan Jepang. Product-product mereka pun telah banyak beredar diberbagai negara seperti Taiwan dan Singapura.

Cara penyajian makanan shabu-shabu ini biasanya ditemani  dengan berbagai saus pendamping kian  memikat rasa seperti:

-          Saus asam  manis pedas
-          Saus sasa daging sapi
-          Saus wijen
-          Saus tofu-ru

1.       Saus asam manis pedas terbuat dari air lemon yang dicampur dengan saus tomat, ditambah dengan cabai giling, bawang bombai, gula, dan garam. 

2.       Saus sasa dibuat dari daging sapi dan jamur, yang ditambah dengan bubuk kacang tanah dan gula. Saus sasa instant banyak ditemukan di toko-toko terdekat. 

3.       Saus wijen, dibuat dari bubuk wijen yang ditambah rasa menurut selera, bila suka rasa asin tinggal menambahkan beberapa bahan seperti bawang putih, kecap asin, atau sedikit cuka.
4.       Saus tofu-ru, terbuat dari tahu yang diasinkan dengan arak.

Masakan shabu-shabu sangat mudah pengolahannya, dengan   menggunakan kompor listrik yang telah disediakan di atas meja makan semua keluargapun dapat menikmatinya secara bersama-sama. Bisa menghemat waktu dan tak perlu lagi memilah-milah bahan masakan, dengan satu kompor listrik dan satu panci besar masakan ini sudah bisa menikmati masakan shabu-shabu. Tinggal memasukkan bahan yang mana yang disuka kemudian menyantapnya bersama-sama. Keharmonisan keluarga pun kian terasa.

Nah, bagi rekan-rekan yang ingin berlibur dan menikmati masakan Huoko, silakan datang saja ke beberapa negara yang  menyediakan resto ala Huoko, seperti: Jepang, China, Tiongkok, Taiwan. Untuk negara Taiwan saya merekomendasikan sebuah resto yang lumayan dapat menghemat buget kantong kita. Adalah sebuah resto shabu-shabu yang terletak di nomor 337 Chenggong Rd, Sec 4, Neihu Dist Taiwan R.O.C.  alamat mandarinnya台北市內湖區成功路四段337nama lengkap restonya adalah 日式一番鍋. Ada diskon hanya dengan me ngelike fane pages/halaman facebook  yang dibuat secara otomatis oleh pelanggan resto ini. so tunggu apalagi?




2 komentar: